Pabrik Yamaha Karawang Bisa Produksi 2 Juta Unit

lt;/div>

Koran Komplit -Pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ) mampu memproduksi 7.500 unit sepeda motor per hari dengan dua shift jam kerja.

 Pabrik diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 26 Januari 2006 ini di Jalan Permata 1 Lot BB- 1 Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat. "Untuk assembling kita bekerja ada dua shift. Shift pertama 8 jam, dan shift kedua 7 jam, jadi total sehari 15 jam.

 Kalau permintaan penuh produksinya satu line produksi 1.500 unit perhari, tapi kalau semua (lima) line penuh minimal 7.500 unit motor bisa kita produksi dalam seharinya," ungkap Suharjono, GM General Affair YMMWJ kemarin saat menyambut kunjungan awak media ke pabrik Yamaha di Karawang, Jawa Barat.

Menurut Suharjono, pabrik kedua Yamaha setelah di Pulo Gadung ini adalah yang terbesar di dunia. Pabrik Yamaha kedua tersebut punya kapasitas produksi hingga 2 juta unit dalam setahun.

 "Bahkan bisa melebihi 2 juta unit dalam setahun," terang Asep Mulyawan, HRD Departement Training & Development Staf YMMWJ. Produksi sepeda motor di pabrik Karawang tidak hanya ditujukan untuk memenuhi pasar domestik.

Namun juga mengekspor motor matik ke beberapa negara di Asia, termasuk ke Afrika. Dari luas 35,6 hektar, 19,5 hektarnya merupakan area bangunan pabrik, selebihnya adalah ruang terbuka, baik taman, parkir, area jalan dan sebagainya. Di pabrik ini Yamaha memproduksi l New Yamaha Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Fino, dan Soul GT.

"Produksi terakhir sekitar jam 11 malam tetap diangkut. Jumlah karyawan keseluruhan mencapai 5.600 orang. Komposisinya , yang karyawan kontrak 73 persen, dan yang tetap 27 persen," pungkas Suharjono.

sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang cerdas dan santun no spam sesuaikan dengan apa yang anda baca dan lihat